Cara Aman Kecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar

Proses melahirkan, baik normal ataupun Caesar, memberi efek yang sama yaitu perut melar. Selama kehamilan, berat badan wanita mengalami kenaikan drastis dan perut membesar. Hal itu wajar, namun beberapa wanita merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh gemuk, terutama wanita karir yang ingin mengembalikan bentuk tubuh dan perut seperti sedia kala.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan Caesar tak jauh berbeda seperti wanita yang melahirkan secara normal, tetapi ada beberapa hal perlu diwaspadai terkait jahitan dan sayatan setelah operasi.

Berikut beberapa cara terbaik mengecilkan perut setelah melahirkan Caesar.
1. Konsultasikan ke dokter
Sebelum mencoba gerakan atau latihan apapun, konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Tak semua jenis latihan bisa langsung ‘disantap’, ada beberapa gerakan yang justru berbahaya dan tak boleh dilakukan untuk sementara.
Wanita yang melahirkan via Caesar tak boleh beraktifitas berat, tunggulah hingga enam minggu untuk pemulihan sayatan, jahitan dan meredakan nyeri. Bila tak ingin menanggung resiko akibat latihan, tak ada salahnya mengunjungi dokter dan meminta nasihat.
2. Latihan posisi duduk
Bila sudah melewati waktu enam minggu pasca operasi Caesar, coba latihan posisi duduk. Ambil kursi, duduklah dengan posisi tegak dan lakukan pernafasan perut. Tarik nafas dalam-dalam, lakukan secara perlahan, tahan nafas di perut selama 10 detik dan hembuskan secara perlahan. Ini adalah cara mudah mengecilkan perut setelah melahirkan Caesar, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan ketika sedang menimang si kecil.
3. Makanan bergizi
Serius ingin kecilkan perut? Perhatikan faktor makanan. Melihat beraneka macam makanan di atas meja tentu menggoda iman, tapi makanlah secukupnya, berhentilah bila merasa kenyang. Selain menahan nafsu makan, mohon hindari makanan yang mengandung gula dan lemak, begitu pula minuman kaleng da bersoda, semua itu mengandung zat yang naikkan berat badan.
Mulai jalankan program pola makan sehat dengan gizi seimbang. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan berserat tinggi. Ganti cemilan kudapan/snack dengan buah-buahan segar. Bila waktu makan tiba, gunakan piring kecil saja sehingga porsi makan lebih terkendali. Jangan lupa perbanyak minum air putih.
4. Gaya hidup sehat
Padukan olahraga dan makanan bergizi dengan gaya hidup sehat. Jangan terlalu memikirkan hal-hal negatif yang menghancurkan mood, selalu santai dan banyak senyum. Pastikan tubuh memperoleh waktu istirahat yang cukup dan jangan tidur larut malam.
Bila empat langkah diatas sudah dijalankan dengan benar, coba lakukan beberapa gerakan olahraga berikut:
a. Lakukan gerak jalan ringan di sekitar lingkungan tempat tinggal. Ini termasuk cara aman mengecilkan perut setelah melahirkan Caesar, aktifitas tak teralu berat. Biar gerak jalan lebih asik, bawa serta bayi ke dalam kereta dorong.
b. Coba lakukan latihan dasar panggul seperti gerak kegel.
c. Latih otot perut setelah operasi dengan melakukan sit-up.
d. Bila tak ada masalah lagi pada bekas sayatan, coba lakukan gerakan berlari di threadmill atau melakukan gerakan yang ‘agak’ berat seperti olahraga angkat beban.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan Caesar, memang tak mudah karena semua butuh proses. Namun bila rutin dilaksanakan, hasilnya akan cepat terlihat.

Cara Aman Kecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santi Gustiani

0 comments:

Posting Komentar