7 Hewan Langka Yang Hampir Terancam Punah

Sekarang ini begitu banyak hewan langka yang hampir punah. Hewan dikatakan langka bila jumlah populasi terus menurun sehingga sulit ditemukan, bila tak dilakukan pencegahan secara serius, keberadaan hewan bisa punah dari muka bumi. Pemerintah dan lembaga internasional harus serius menangani masalah ini, terutama dari tangan-tangan jahil manusia tak bertanggung jawab.

Hewan dikatakan langka bila populasi kurang dari 10.000 ekor dan terancam punah bila jumlahnya terus menurun. Banyak faktor penyebab masalah ini, mulai dari perkembangan industri, rusaknya ekosistem, putusnya rantai makanan hingga perburuan. Berikut daftar hewan langka yang dikategorikan hampir punah.

Zaglossus bartoni
Hewan yang merupakan perpaduan reptil dan mamalia, habitatnya berada di pedalaman papua. Populasinya terus menurun setiap tahun yang disebabkan ulah tangan jahil manusia, mulai dari penebangan liar, pertambangan hingga pertanian. Bila tak diperhatikan, Zaglossus bartoni bakal jadi bagian dari hewan langka di dunia.

Baiji
Hewan laut sejenis lumba-lumba yang dulu menguasai Sungai Yangtze, China. Menurut beberapa catatan, hewan ini sudah termasuk kategori punah karena populasi yang terus menurun, data tahun 1997-1999 mencatat hanya 13 ekor saja yang tersisa. Baiji punah akibat tingginya aktifitas pemancingan serta polusi limbah buruk yang meracuni sungai.

Bunolagus monticularis
Spesies kelinci yang unik dan berbeda dari lainnya, terutama reproduksi. Bila spesies kelinci lain bisa beranak hingga 12 ekor bayi setiap kali hamil, maka spesies ini hanya lahirkan satu ekor anak dalam setiap kehamilan. Populasi sering menurun akibat perburuan, kelinci ini sering dianggap sebagai hama pertanian. Habitat hewan ini berada di gurun gurun Karoo, Afrika.

Lasiorhinus krefftii
Lebih dikenal dengan nama wombat, hewan ini memulai harinya ketika malam tiba dan bergerak sendirian. Pada siang hari, wombat hanya habiskan waktu bersembunyi di dalam sebuah lubang bawah tanah. Populasinya di Australia semakin menipis akibat meningkatnya aktifitas pertanian.

Badak cula dua Sumatera
Bila dibandingkan spesies Badak lainnya, spesies ini yang paling berukuran kecil. Populasi semakin menurun akibat pembabatan hutan liar dan perburuan, pemburu mengincar cula yang berada di bagian hidung. Kurang aktif peran pemerintah membuat spesies badak berada dalam kategori hewan langka yang hampir punah.

Solenodon paradoxus
Sekilas, rupanya mirip tikus. Meski tergolong hewan mamalia, Solenodon bisa menyerang lawan yang mengancamnya dengan menginjeksi racun. Hewan ini kerap dijumpai di wilayah Kuba, namun seiring kedatangan kolonisasi bangsa Eropa, jumlahnya terus menurun.

Burramys parvus
Awalnya, Burramys parvus diperkirakan sudah punah. Namun pada tahun 1966 ditemukan kembali di daerah Victoria, Australia. Bila dibandingkan hewan mamalia kecil lainnya, jenis marsupial ini mampu mencapai usia duabelas tahun. Sekarang ini, jumlah Burramys parvus semakin kian menurun akibat menjamurnya resort ski sehingga masuk ke dalam kategori hewan langka yang hampir punah.

7 Hewan Langka Yang Hampir Terancam Punah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santi Gustiani

0 comments:

Posting Komentar