Tata Cara Serta Do'a Shalat Tahajud

Shalat Tahajud Yaitu Shalat sunah yang ditangani pada saat malam hari, diawali selepas isya hingga mendekati subuh serta ditangani sesudah tidur atau bangun tidur pada malam hari. Serta shalat tahajud kerap juga dimaksud shalat malam atau dimaksud juga (Sholatul lail) lantaran saat yang melakukan shalat ini saat malam hari di mana kebanyakan orang tengah tertidur lelap. Tentang saat proses sholat tahajud beberapa ulama berpendapat yang tidak sama ada yang menyampaikan bahwasanya sholat tahajud harus sesudah terbangun dari tidur pada malam hari, tetapi ada juga yang berbendapat bahwasanya sholat tahajud tak harus mesti tidur terlebih dulu.

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud
Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa
Arti : Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Sholat Tahajud
1. Membaca niat sholat tahajud seperti yang terlah tercatat diatas dengan suara yang pelan saja, diikuti dengan berarti dibaca dalam hati.
2. sesudah membaca niat dilanjutkan oleh membaca takbir.
3. Lalu membaca doa iftitah (sunah)
4. Lalu membaca surat alfatihah, sesudah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang sudah dihafal, seperti surat Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, serta lain-lain
5. Lalu teruskan seperti pada langkah langkah sholat biasanya. Seperti rukuk, sujud, sampai salam.

Sesudah salam disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, lalu membaca doa sholat tahajud.

Doa Sholat tahajud
Doa Sholat tahajud
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya: "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Jumlah Rakaat sholat Tahajud

Jumlah rakaat rakaat sholat tahajud minimum yaitu dua rakaat 2 x salam, serta paling banyak atau optimal dapat sebanyak-sebanyaknya sesuai sama dengan kekuatan. Nabi Junjungan kita yakni Muhammad SAW saw, beliau sempat kerjakan shalat tahajud sejumlah 10 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, juga pernah 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, serta dan juga pernah 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir. Jadi dalam melakukan shalat tahajud baiknya ditambah dengan shalat sunat witir.

Shalat tahajud ini sebaiknya ditangani dua rakaat satu salam, sesaat itu untuk shalat sunat witirnya, bila ditangani kian lebih satu rakaat, umpamanya 3 rakaat, bisa ditangani sekalian dengan satu salam, bisa juga ditangani 2 rakaat dulu lalu salam, dilanjutkan 1 rakaat lalu salam

Waktu Sholat Tahajud

Untuk saat proses shalat tahajud yaitu saat sesudah bangun dari tidur serta sesudah shalat isya, baik dimuka malam (sepertiga malam pertama pada saat Isya serta jam 22. 00 WIB), tengah malam (sepertiga malam ke-2, pada jam 22. 00 serta jam 01. 0. 0 WIB), ataupun akhir malam (sepertiga malam yang paling akhir, pada jam 01. 00 serta mendekati subuh). Sepertiga malam yang paling akhir inilah saat yang paling utama untuk melakukan shalat tahajud. Lantaran menurut hadits nabi, pada saat itu rahmat Allah turun, hingga siapa saja berdoa bakal dikabulkan, siapa saja meminta bakal diberikan, serta siapa saja memohon ampun bakal diampuni oleh Allah. Aamiin

Tersebut penjelasan kami tentang Tips sholat Tahajud komplit dengan bacaan kemauan, doa sholat tahajud serta berarti. Semoga dapat berguna untuk anda yang memerlukan. perliharalah sholat tahajud pada tengah malam, Tak hanya makin dekat serta disayang Allah, terdapat beberapa sekali faedah yang diperoleh dari sholat Tahajud. Semoga Allah selalu melindungi iman kita, membuat perlindungan diri kita dari godaan syetan yang terkutut, serta makin dekat kepada-Nya. Aamiin.

Tata Cara Serta Do'a Shalat Tahajud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santi Gustiani

0 comments:

Posting Komentar