Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir

Bagaimana Cara Yang Baik Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir

1. Penyediaan kandang yang lebih luas perlu dilakukan. Semakin banyak jumlah keluarga kelinci maka tempat yang dibutuhkan semakin besar dan luas pula. Jangan sampai induk kelinci menginjak-injak anak mereka karena kandang yang terlalu sempit.
2. Tempatkan kandang pada tempat yang tenang dan jauh dari suara yang berisik terutama suara orang-orang. Suara yang terlalu berisik berkakibat buruk buat anak kelinci yang baru lahir karena bisa menyebabkan stress.
3. Tempatkan kandang/anak kelinci ditempat yang aman dan terjauh dari jangkauan predator yang siap memangsa anak kelinci. Misalnya saja tikus, anjing dan kucing. Jauhkan juga anak kelinci dari anak-anak karena biasanya anak-anak gak bisa diam kalau melihat anak kelinci yang imut-imut dan bawaannya mereka selalu ingin memegangnya terus.
4. Lantai atau dasar kandang harus diberik serbuk kayu agar menjadi nyaman. Lapisi juga dengan handuk yang lembut agar terasa hangat. Serbuk kayu juga berpotensi melukai kulit anak kelinci, makanya dilapisi dengan kain.
5. Bila cuaca disekitar anak kelinci terlalu panas, sebaiknya ditempatkan ditempat yang lebih sejuk (tapi jangan dikulkas). Sedangkan kalau temperaturnya terlalu dingin pasang saja bola lampu kecil untuk membuatnya hangat.
6. Jauhkan tempat makanan dan minuman kelinci dewasa agar tidak mengotori kandang kelinci yang terdapat anak kelinci didalamnya. Kandang yang kotor akan membuat anak kelinci yang baru lahir merasa tidak nyaman.
7. Pastikan si induk bayi mau menyusui anak-anaknya dan tidak menelantarkan bayi-bayi mereka. Jika si induk menelantarkan anak kelinci yang baru lahir, maka sebaiknya induk dipisahkan dengan anak kelinci tersebut karena bisa jadi induk kelinci sudah tidak peduli dengan anak kelinci dan bisa saja ia menginjak-injak anak kelinci. Selain itu jangan langsung mengambil kesimpulan kalau induk si bayi tidak lagi mau menyusui anak kelinci yang baru lahir. Karena sebenarnya induk kelinci memang hanya menyusui anak-anak kelincinya sekali dalam sehari dan itupun hanya 5 menit saja. Perhatikanlah dengan baik perilaku si induk.
8. Anak kelinci yang baru lahir dan ditelantarkan induknya bisa diberi susu formula khusus untuk anak kucing/kitten yang bisa anda dapatkan dengan membelinya di petshop. Tapi jangan pernah memberinya susu formula untuk manusia. Untuk meminumkannya kepada si bayi, bisa menggunakan pipet tetes yang tersedia di toko obat atau apotik. Takarannya juga tidak boleh asal, berikan 1 sendok teh pada pagi dan sore hari. Seiring pertumbuhan si kelinci volume susu bisa ditambahkan.

Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santi Gustiani

0 comments:

Posting Komentar