7 Cara Sederhana Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Merawat anak kucing tentu tak terlalu merepotkan bila ada sang induk. Tapi, bagaimana jika si induk hilang atau mati karena faktor tertentu? Tentu bukan pekerjaan mudah, terutama bila anak kucing masih butuh susu dari sang induk. Tak sekedar faktor makanan saja yang perlu diperhatikan, tetapi banyak hal wajib diwaspadai terutama faktor kesehatan.

Sebenarnya, cara merawat anak kucing tanpa induk itu susah-susah gampang. Bila dilakukan tanpa beban, maka semuanya terasa menyenangkan. Bagi penyayang hewan, memelihara anak kucing lebih mengasikkan, apalagi si manis tampak lucu dan imut.

Berikut beberapa cara sederhana merawat anak kucing tanpa induk!
1. Anak kucing lebih banyak tidur, sehingga area sekitar mata diselimuti banyak kotoran mata. Ketika ia bangun, bersihkan area tersebut agar si manis bisa melihat dengan baik ketika membuka mata. Cara membersihkan area mata sangat gampang, celupkan kapas ke dalam larutan air hangat, lalu usapkan ke area sekitar mata hingga kotoran yang menempel hilang.
2. Karena tidak ada sang induk, anak kucing harus tetap diberikan susu. Jangan asal memberi susu, terutama yang diformulasi khusus untuk manusia. Anak kucing tak boleh mengkonsumsi susu sapi ataupun kambing sebab mengandung laktosa yang bisa merusak sistem pencernaan. Sisihkan uang membeli susu yang diformulasi khusus untuk anak kucing.
3. Setelah membeli susu formula, saatnya diberikan ke kucing. Siapkan wadah berupa gelas berukuran kecil, masukkan susu dan larutkan dengan air hangat. Teteskan susu ke atas kepalan tangan, bila terasa panas, campurkan dengan air dingin agar berada dalam kondisi hangat. Siapkan dot khusus atau sedotan, ambil susu lalu berikan ke arah samping mulut si manis. Lakukan secara perlahan-lahan hingga kucing terasa kenyang.
4. Bila anak kucing masih mengeong dengan suara lantang, mungkin saja ia masih lapar atau minta diberi susu. Namun, jika si manis masih terus mengeong bukan karena lapar, coba pindahkan ke daerah lain, buat ia merasa nyaman hingga tertidur atau letakkan si manis ke atas boneka atau karpet berbulu, itu akan berikan efek nyaman.
5. Cara merawat anak kucing tanpa induk akan semakin mudah seiring bertambahnya usia. Dalam kasus ini, si manis boleh diberikan makanan padat. Bila tak ingin repot, beli saja makanan komersial seperti Whiskas. Merek ini menyediakan beragam jenis makanan yang menyesuaikan usia kucing.
6. Sediakan boks atau wadah khusus untuk membuang kotoran si manis. Gunakan pasir khusus yang bisa diperoleh dari toko hewan terdekat.
7. Ajarkan anak kucing sejak dini, agar terlatih dan tidak merepotkan nantinya.

Itulah enam cara sederhana merawat anak kucing tanpa induk. Memang, bukan hal yang mudah apalagi keberadaan sang induk tentu berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan si manis. Luangkan pula waktu bermain bersamanya agar ia merasa lebih akrab dengan manusia.

7 Cara Sederhana Merawat Anak Kucing Tanpa Induk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Santi Gustiani

0 comments:

Posting Komentar